Tips Mencukur Brewok di Rumah, Gampang Bro!

Mencukur brewok juga bisa dilakukan sendiri dirumah

Perlu diakui bahwa untuk bisa mencapai fase terminal akhir (kondisi brewok udah tumbuh lebat) itu ngga mudah. Selalu ada cerita perjuangan di baliknya. Di sisi lain, fase ini juga menjadi momen yang tepat untuk mencukur brewok, Bro.

Walaupun sebagian ada yang menganggapnya sepele, mencukur brewok secara rutin nyatanya penting. Selain lebih sehat, brewok juga bisa terlihat lebih terawat. Ngga perlu repot-repot harus selalu ke barbershop, mencukur brewok bisa banget dilakukan sendiri di rumah.

Banyak yang ngga sadar kalau brewok yang udah tumbuh lebat bisa mengganggu dan menciptakan kesan berantakan. Maka dari itu, mencukur brewok perlu dilakukan, tentu dengan cara yang benar ya, Bro.

Ada tipsnya buat mencukur brewok?

Jelas ada. Pada dasarnya, mencukur brewok ngga sulit, Bro. Namun, bukan berarti bisa dilakukan sembarangan, karena bisa menimbulkan masalah lain, seperti cukuran yang tidak merata hingga menimbulkan luka. Berikut tips mencukur yang dilansir dari Men’s Journal dan Esquire:

1. Bercukur setelah mandi

Air hangat dijamin bisa membuka pori-pori

Direkomendasikan untuk mandi dengan air hangat. Ini karena air hangat berfungsi untuk melembutkan setiap helai rambut dan membuka pori-pori kulit wajah sehingga membuat lebih mudah untuk bercukur.

Untuk lebih maksimal, bisa juga menggunakan handuk hangat. Usapkan area brewok dengan handuk hangat secara merata agar setiap pori-pori wajah dapat terbuka maksimal.

2. Rapikan wajah

Pangkas dulu brewok yang udah tebel, Bro

Langkah selanjutnya adalah dengan merapikan wajah. Gimana nih maksudnya? Brewok yang udah cukup tebal dan panjang harus dipangkas terlebih dahulu, bisa menggunakan gunting atau clipper, supaya lebih rapi sehingga bisa dilakukan langkah selanjutnya.

Jika ada, langsung gunakan pre-shave oil. Ini berfungsi untuk melembutkan sehingga mencukur lebih mulus karena mengurangi gesekan dengan pisau cukur nantinya. 

3. Selimuti dengan krim cukur

Gunakan krim cukur yang berkualitas

Penting untuk menyelimuti brewok yang udah dipangkas tadi dengan krim cukur. Fungsinya untuk melindungi kulit dari pisau cukur dan membuat krim masuk ke dalam kulit. Pastikan untuk menyelimutinya dengan merata ke seluruh bagian yang ingin dicukur. 

4. Cukur brewok dengan lembut 

Do it gently, Bro

Lalu, gunakan pisau cukur yang berkualitas. Pastikan bersih dan tajam. Rambut pendek yang udah dipangkas tadi bisa langsung dicukur menggunakan pisau cukur tersebut. 

Tipsnya, selalu mencukur dengan satu arah yang sama di area yang sama. Bukan dari ujung rahang kanan ke kiri dengan satu tarikan, melainkan misal daerah bawah dagu, lakukan secara berulang ke arah bawah. Lakukan hal tersebut di area lainnya.

5. Lembapkan brewok yang baru dicukur

Atasi rasa gatal dan kering dengan moisturizer

Setelah mencukur brewok, biasanya pada bagian yang baru dicukur akan terasa gatal dan cenderung kering. Ini wajar karena folikel rambut mengalami perubahan, dari sebelumnya penuh dengan rambut menjadi “botak”.

Untuk mengatasinya, dapat menggunakan pelembap. Gunakan krim moisturizer yang berkualitas sebagai solusi untuk melembapkan bagian kering tersebut.

6. Ganti gaya brewok

Ngga ada salahnya nyobain gaya brewok yang lain, sih

Banyak yang menyayangkan jika harus benar-benar mencukur brewoknya. Bagi lo yang termasuk dalam golongan ini, ada cara lain untuk menyiasatinya. Yap, mengganti gaya brewok.

Dengan mengganti gaya brewok, tanpa mencukurnya sampai habis, lo bisa memanfaatkan imajinasi dan kreativitas. Lagipula, lo bisa bereksperimen mencoba gaya brewok baru supaya ngga bosen gitu-gitu aja kan?

Kesimpulan

Punya brewok udah pasti punya tanggung jawab juga buat ngerawatnya. Nah, ikutin langkah-langkah di atas sambil nyalain lagu favorit lo dan karaokean di kamar mandi. So, mencukur brewok sendiri di rumah bisa jadi kegiatan yang menyenangkan, Bro!

Referensi:

https://www.mensjournal.com/style/6-tips-for-shaving-a-beard/prepare-for-next-year/

https://youtu.be/WBT5vuFkJJ0

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *