Sering Mencukur Brewok Bisa Membuatnya Lebih Tebal. Mitos atau Fakta?

Apa benar brewok jadi lebih tebal setelah dicukur?

Saat numbuhin brewok, pasti banyak keinginan yang muncul tiba-tiba. Entah untuk membuatnya tumbuh lebih cepat, lebih tebal, lebih mengkilap, atau yang lainnya. Akhirnya, berbagai cara dilakukan untuk bisa mewujudkan keinginan tersebut.

Sayangnya cara-cara yang seringkali diyakini dan diterapkan itu belum teruji secara ilmiah atau biasa disebut dengan mitos. Salah satu cara yang beredar di luar adalah apabila mencukur brewok, nantinya brewok akan kembali tumbuh lebih tebal dari sebelumnya.

Jadi sebenarnya itu mitos atau fakta?

Easy, jawabannya adalah mitos. Dengan cara mencukur, tidak akan membuat brewok lebih tebal. Akan tetapi sebaliknya, brewok akan hanya terpangkas seperti biasa dan skenario terburuknya brewok ngga akan tumbuh lagi. Kenapa?

Yang perlu diketahui, penentu ketebalan rambut atau brewok adalah folikel rambut. Folikel merupakan lubang kecil yang terdapat di bawah kulit, tempat di mana rambut atau brewok tumbuh.

Folikel inilah yang menentukan ketebalan brewok. Jadi semakin banyak folikel pada kulit, semakin banyak juga brewok yang akan tumbuh dan pastinya akan terlihat lebih tebal.

Sering mencukur ngga akan meningkatkan pertumbuhan brewok. Skenario terburuknya, brewok ngga akan tumbuh lagi. Ini bisa terjadi karena dilakukan saat baru memasuki fase pertumbuhan velus atau bulu halus. 

Lalu apa yang terjadi jika kita mencukur brewok?

Mencukur berarti hanya memotong. Ini menciptakan ujung rambut yang tumpul. Ketika rambut mulai tumbuh kembali, persepsi kita tentang rambut menjadi lebih tebal adalah karena ujungnya.

Padahal faktanya, ujung rambut tersebut terlihat tebal karena rambut yang terpotong itu menjadi pendek dan tumpul. Pada akhirnya, sejumlah rambut terpotong tersebut menampilkan tampilan yang lebih tebal. 

kondisi rambut sebelum dan sesudah dicukur

kondisi rambut sebelum dan sesudah dicukur

Gambar di atas menunjukkan bahwa rambut pada pangkal folikel adalah yang paling tebal, semakin panjang maka semakin mengecil. Ketika rambut dipangkas mendekati dasar, rambut tersebut seolah-olah akan terlihat lebih tebal dari sebelumnya.

Jadi, sesering apa pun mencukur, pertumbuhan rambut manusia ngga akan ada perbedaan signifikan pada berat total rambut yang kembali diproduksi. Begitu juga untuk lebar atau tingkat pertumbuhan masing-masing rambut.

 

Kesimpulan

Mencukur ngga akan membuat brewok jadi lebih tebal. Baiknya, tumbuhkan brewok sebagaimana mestinya, tentu dengan pemakaian Minoxidil, Biotin, dan booster dengan rutin dan disiplin. Mulai sekarang, jangan mudah tertipu oleh mitos, Bro!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *