Apa Pengaruh Hormon DHT pada Pertumbuhan Brewok dan Kebotakan Rambut?

Testosteron dan DHT dapat memengaruhi brewok dan kebotakan

Pertumbuhan brewok bisa dipengaruhi berbagai faktor.

Selain gen, folikel, dan hormon testosteron, ada lagi faktor lain yang memengaruhi pertumbuhan brewok, Bro. Faktor tersebut adalah hormon DHT yang ternyata 5 kali lebih kuat dibandingkan testosteron. Apa sih DHT?

Meskipun mirip, DHT ini berbeda dengan testosteron. DHT atau Dihydrotestosteron adalah hormon androgen yang diproduksi oleh kelenjar kelamin pria. Menurut Medical News Today, testosteron berubah menjadi DHT yang disebabkan oleh enzim yang disebut 5-alpha reductase (5-AR) dan kurang lebih sebesar 10% testosteron pria akan diubah menjadi DHT.

 

Apa fungsi DHT?

DHT ini berfungsi untuk menumbuhkan berbagai rambut atau bulu pada tubuh pria, seperti pada dada, tangan, kaki, ketiak, hingga kemaluan, termasuk juga brewok. Kadar DHT yang berbeda dalam tubuh setiap orang memengaruhi pertumbuhan brewok yang berbeda juga.

 

Apa hubungannya DHT dengan pertumbuhan brewok?

Dilansir dari Healthline, DHT berpengaruh pada pertumbuhan brewok. Semakin tinggi DHT yang dimilki, semakin cepat brewok yang akan tumbuh. Dengan catatan, orang tersebut memang punya gen brewok atau folikel rambut di wajah udah banyak yang terbuka.

Beda ceritanya kalau misalnya lo ngga punya gen brewok atau folikel rambut di wajah ngga ada sama sekali, Bro. Sebanyak apa pun DHT yang lo punya dalam tubuh, ngga akan berpengaruh apa-apa, apa lagi numbuhin brewok.

Bagi yang ngga punya gen brewok, sebaiknya pakai dulu produk penumbuh rambut atau brewok. Fungsinya jelas untuk membuka folikel rambut yang ada di wajah.

Sebagai obat vasodilator, Minoxidil bisa jadi solusi yang tepat karena berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah agar aliran darah menjadi lancar dan merangsang pertumbuhan folikel rambut pada wajah. Kalau udah, baru DHT dalam tubuh akan sangat membantu pertumbuhan brewok lo, Bro.

 

Pengaruh DHT terhadap kebotakan rambut

Kadar DHT yang tinggi menyebabkan kebotakan semakin parah

Hormon DHT yang tinggi dalam tubuh ngga hanya memberikan efek positif. Di sisi lain, ternyata DHT juga memberikan pengaruh buruk bagi mereka yang mempunyai gen atau garis keturunan botak.

Tingginya kadar DHT bisa menyebabkan menyusutnya folikel rambut di kepala yang akhirnya menyebabkan kebotakan. Dengan catatan, ini hanya terjadi pada pria yang udah punya gen atau garis keturunan botak aja, Bro. Gimana bagi yang ngga punya gen atau garis keturunan botak?

Jawabannya, ngga berpengaruh, Bro. Dalam kasus ini, ngga semua pria akan mengalami kebotakan karena kadar DHT yang tinggi. Perlu digarisbawahi, kebotakan akibat kadar DHT tinggi hanya terjadi bagi mereka yang punya gen atau garis keturunan botak.

Biasanya mereka yang mempunyai gen tersebut secara perlahan akan mengalami kerontokan dan berujung pada kebotakan. Maka dari itu, perhatikan kadar DHT dalam tubuh, supaya bisa menumbuhkan brewok secara maksimal dan terhindar dari kebotakan, ya, Bro!

 

Referensi:

https://www.healthline.com/health/beard-growth-fast

https://www.medicalnewstoday.com/articles/68082

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *