6 Cara Efektif Meningkatkan Hormon Testosteron dan DHT untuk Brewok

Testosteron dan DHT berpengaruh terhadap pertumbuhan brewok

Untuk bisa menumbuhkan brewok secara cepat dan sehat, jelas dibutuhkan usaha yang tepat, Bro. Usaha tersebut dimulai dari meningkatkan hormon-hormon androgen yang penting dan dibutuhkan tubuh untuk menumbuhkan brewok, seperti testosteron dan DHT Dihydrotestosteron.

Testosteron sendiri merupakan hormon yang berfungsi untuk membentuk karakteristik pria. Contohnya seperti menciptakan suara berat, membantu produksi sperma, membangun tulang serta otot, dan tentu menumbuhkan hingga menyuburkan rambut-rambut pada bagian tertentu, termasuk brewok.

Sementara hormon DHT merupakan turunan dari testosteron yang memiliki kekuatan 5 kali lebih kuat.  Pada tubuh orang dewasa, testosteron dikonversi menjadi DHT dengan bantuan enzim yang disebut 5-alpha reductase 5-AR hanya sekitar 10%.

 

Lalu, bagaimana caranya meningkatkan hormon testosteron dan DHT dalam tubuh?

Secara umum, testosteron dan DHT berperan penting untuk pertumbuhan brewok. Kabar baiknya, terdapat banyak cara untuk meningkatkan kedua hormon tersebut, Bro.

Dilansir dari Healthline, simak 6 cara efektif meningkatkan testosteron dan DHT berikut:

  • Makan makanan sehat dan kaya nutrisi

Makanan sehat sumber testosteron

Setiap makanan yang kita konsumsi pasti memengaruhi kadar testosteron dalam tubuh kita, Bro. Baiknya, mulai dari sekarang ubah pola makan menjadi makan makanan dengan nutrisi tinggi dan kandungan lemak yang baik. Seperti apa pembagiannya dalam tubuh?

Asupan lemak ideal yang sebaiknya dikonsumsi adalah sekitar 40%, protein sebanyak 20%, dan karbohidrat 40%. Lemak tersebut terbagi menjadi lemak jenuh dan jenuh tunggal yang bisa didapatkan dari alpukat, telur, mentega, minyak zaitun, kelapa, dan daging merah.

  • Berhenti mengonsumsi gula berlebihan

Hindari konsumsi gula berlebihan

Makan makanan manis memang surga dunia, tapi di saat bersamaan mendatangkan pengaruh buruk buat tubuh kita, Bro. Hal ini disebabkan karena gula atau glukosa yang terkandung dalam makanan manis cukup tinggi.

Terlalu banyak asupan glukosa menyebabkan lonjakan insulin. Pada akhirnya, lonjakan tersebut menjadi penyebab menurunnya hormon testosteron. So, kurangi konsumsi asupan gula berlebih agar pertumbuhan brewok lebih maksimal.

  • Rutin melakukan workout atau angkat beban

Workout dan angkat beban membantu meningkatkan testosteron

Kabar baik buat lo yang suka olahraga, terutama workout atau angkat beban, Bro. Faktanya, aktivitas yang berpusat pada adrenalin, yang bisa memberi tekanan pada otot dan membantu memacu detak jantung akan sangat membantu menstimulasi tubuh untuk memproduksi lebih banyak testosteron.

Ada kaitan yang erat antara hormon adrenalin dan fungsi-fungsi pembentukan sel-sel otot dengan hormon testosteron. Pada dasarnya, tubuh membutuhkan testosteron untuk membentuk otot yang padat. Maka dari itu, proses inilah yang membuat tubuh memproduksi testosteron setelah olahraga.

Olahraga seperti workout, angkat beban, dan jenis olahraga High-Intensity Interval Training HIIT bisa menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan kenaikan kadar testosteron dengan lebih efektif. Selain itu, beberapa jenis olahraga fisik outdoor seperti panjat tebing juga menjadi opsi untuk meningkatkan hormon testosteron.

  • Kelola stres dengan baik

Stres dapat menurunkan kadar testosteron

Jangan pernah menganggap remeh kondisi stres. Meskipun terlihat ngga ada hubungannya, nyatanya ini berpengaruh pada kadar testosteron dalam tubuh, Bro!

Semakin buruk kondisi stres, semakin buruk juga kadar testosteron dalam tubuh. Stres dapat meningkatkan hormon kortisol yang mengubah suasana hati menjadi buruk dan menimbulkan rasa kehilangan semangat. Kabar buruknya, ini memiliki efek samping menurunkan kadar testosteron.

Efek lain hormon kortisol adalah membuat tubuh terasa lemas, kemudian memberi sinyal pada otak untuk menghasilkan hormon ghrelin yang mendorong rasa lapar. Banyak orang dalam kondisi stres memutuskan untuk makan berlebihan dan berujung pada obesitas yang menjadi salah satu penyebab turunnya testosteron. Kendalikan diri, Bro!

  • Perbaiki kualitas dan kuantitas istirahat

Mulai perbaiki kualitas tidur

Mereka yang kurang tidur atau merasa lelah biasanya akan mengalami gangguan fungsi metabolisme. Testosteron sangat erat kaitannya dengan fungsi metabolisme tubuh. 

Jadi, penting untuk mencukupi kebutuhan tidur maupun istirahat, untuk menjaga metabolisme tubuh aktif dan menghasilkan energi cukup untuk menunjang kinerja testosteron.

Dalam Journal of American Medical Association JAMA tahun 2011 terdapat sebuah riset yang membuktikan bahwa mereka yang tidur di bawah 5 jam per hari, akan mengalami penurunan kadar testosteron hingga 15%.

Kalau kaya gini, yakin, Bro, masih mau begadang?

  • Berjemur di bawah sinar matahari

Sinar matahari sumber vitamin D

Sinar matahari yang mengandung vitamin D ternyata berperan penting untuk meningkatkan hormon testosteron dalam tubuh. Menurut Healthline, jam terbaik untuk mendapatkan vitamin D (sinar UVB) adalah jam 10 pagi.

Journal of Hormone and Metabolisme Research 2011 juga menunjukkan sebuah riset yang membuktikan bahwa mereka yang rutin terpapar dan mengonsumsi vitamin D berhasil menaikkan kadar testosteron.

Selain itu, terdapat juga banyak makanan yang menjadi sumber vitamin D. Berbagai jenis ikan, seperti salmon, sarden, dan tuna mempunyai vitamin D yang tinggi. Telur, jamur, susu sapi, susu kedelai, dan tentu suplemen vitamin D bisa menjadi alternatif lainnya.

 

Kesimpulan

Setidaknya rutin lakukan minimal satu atau dua aktivitas di atas agar kadar testosteron dalam tubuh terpenuhi dengan baik, Bro. Selain membuat tubuh menjadi lebih ehat, niscaya brewok juga akan tumbuh dengan maksimal.

 

Referensi:

 

https://www.healthline.com/health/how-to-make-facial-hair-grow#tips

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *