Berapa Lama Waktu untuk Menumbuhkan Brewok?

Banyak faktor yang menentukan waktu pertumbuhan brewok

Untuk bisa menumbuhkan brewok sesuai keinginan, udah pasti dibutuhkan waktu yang bisa dibilang ngga sebentar, namun bukan berarti pasti lama. Semuanya tergantung dari orangnya dan cara pemakaian Minoxidil, Biotin, dan booster lainnya.

Waktu yang dibutuhkan setiap orang untuk menumbuhkan brewok ngga bisa disamain. Walaupun begitu, ada jangka waktu rata-rata menumbuhkan brewok dari pengalaman dan testimoni orang-orang Indonesia, Bro, yaitu kurang lebih 6 bulan.

Menurut Healthline, brewok yang tumbuh sempurna membutuhkan waktu 2 hingga 4 bulan. Brewok perlahan tumbuh antara 0,3 dan 0,5 mm setiap 24 jam. Berdasarkan data ini, ada kesempatan buat brewok lo bisa tumbuh lebih cepet, Bro!

Biasanya ada tahap/fase apa aja?

Normalnya ada 5 tahap ketika menumbuhkan brewok untuk pertama kali. Masing-masing tahap biasanya punya waktu rata-rata yang bisa jadi patokan, tapi ngga ada jaminan pasti sama. Perbedaan gen, hormon, dll bisa menyebabkan perbedaan waktu pertumbuhan brewok masing-masing orang.

Berikut tahap-tahap dengan pemakaian Minoxidil dan Biotin secara rutin untuk pertumbuhan brewok yang wajib lo tau:

  • Velus awal

Ini merupakan fase awal. Biasanya udah tumbuh bulu kecil-kecil dan halus. Waktu yang diperlukan kurang lebih 1 bulan.

  • Velus akhir

Masih di fase yang sama, bedanya ada pada ukuran bulu. Pada fase velus akhir, bulu lebih panjang namun masih tipis. Waktu yang ditempuh hingga fase ini adalah 3 bulan.

  • Fase stuck

Sebagian bisa jadi mengalami fase ini, Bro. Tetap tenang, fase stuck juga terbilang normal. Fase ini biasanya ditandai dengan bulu yang terasa tidak tumbuh dan dapat terjadi setelah fase velus awal ataupun velus akhir. Gunakan Haum untuk membantu proses boosting brewok kalian, Bro.

  • Terminal awal

Pada fase ini, brewok udah punya tekstur seperti rambut. Warnanya pun udah menghitam. Dibutuhkan waktu kurang lebih 4-5 bulan.

  • Terminal akhir

Ini merupakan fase final. Selain menghitam, brewok udah tumbuh dengan lebat. Jika udah sampai fase ini, pemakaian minoxidil dapat dihentikan karena brewok udah tumbuh dengan sempurna. Butuh waktu 6 bulan untuk mencapai fase ini. Tenang, mencukur brewok setelah melewati fase ini bukan lagi masalah karena pasti akan tumbuh lagi, Bro.

 

Kenapa setiap orang butuh waktu yang beda saat numbuhin brewok?

Seperti yang disebutkan di atas, banyak faktor yang mempengaruhi. Dilansir dari Healthline, kalau brewok lo butuh waktu yang lebih lama untuk tumbuh, salah satu atau dua faktor berikut mungkin berperan.

Usia

Biasanya, pertumbuhan brewok dimulai sekitar usia 18 tahun. Sayangnya, sebagian pria ngga merasakan hal yang sama hingga mereka berusia 30 tahun. Jadi, kalau lo ngga mendapatkan pertumbuhan brewok yang lo inginkan, mungkin memang belum waktunya.

Etnis

Kelompok etnis tertentu cenderung lebih sulit atau mudah menumbuhkan brewok dibanding yang lain. Pria Tiongkok, misalnya, umumnya sulit memiliki brewok atau lebih sedikit daripada pria lain, sedangkan pria keturunan timur tengah umumnya memiliki brewok yang lebih tebal.

Gen

Faktor gen dari keluarga langsung sangat berpengaruh pada pertumbuhan brewok. Selain itu, gen juga menentukan tekstur rambut, kemungkinan masalah kebotakan, dan lainnya.

Meskipun ngga ada jaminan seorang ayah dengan brewok lebat akan menurunkan hal yang sama pada putranya, tapi pola rambut cenderung turun-temurun.

Hormon

Kadar hormon testosteron yang rendah bisa membuat seseorang lebih sulit untuk menumbuhkan brewok. Hormon testosteron punya andil besar karena merupakan hormon androgen yang berfungsi untuk memunculkan karakteristik pria, seperti suara berat, membentuk jaringan otot, dan tentunya menumbuhkan brewok.

 

Referensi:

https://www.healthline.com/health/how-to-grow-a-beard#time-factors

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *